Inilah 6 Jenis Kucing Indonesia Yang Terancam Punah, No. 3 Tak Terduga...

Inilah 6 Jenis Kucing Indonesia Yang Terancam Punah, No. 3 Tak Terduga...
Banyak dari kita yang hanya mengetahui beberapa jenis kucing di Indonesia, apalagi yang tinggal di daerah perkotaan. Di kota-kota besar sudah banyak didominasi oleh jenis kucing dari luar negeri, seperti Persia, Anggora, dan Himalaya.
Mungkin bagi kita orang awam, jenis kucing yang kita ketahui hanya kucing kampung saja yang berasal dari Indonesia. Namun jangan salah negeri yang kita cintai ini juga memiliki banyak jenis kucing yang eksotis. Sayang beberapa di antaranya sudah terancam punah. Jenis apa saja yang terancam punah? Mari kita telisik beberapa di antaranya.

1. Kucing Merah

Yang pertama akan kita bahas adalah Kucing Merah. Kucing ini termasuk salah satu hewan endemik dari Pulau Kalimantan. Keberadaannya sudah dikategorikan sebagai hewan yang hampir punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Seperti namanya, bulu kucing ini memang tampak kemerahan dan di dunia internasional lebih dikenal dengan nama Bornean Bay Cat karena keberadaanya tadi yang hanya ada di Pulau Borneo (Kalimantan). Walaupun sudah dianggap hampir punah, belum ada data yang pasti mengenai populasi kucing eksotis ini.

2. Kucing Berkepala Datar


Lalu, Flat headed cat atau kucing berkepala datar, kucing ini tersebar di Pulau Sumatera juga Kalimantan. Sejak tahun 2008 lalu kucing ini sudah dikategorikan sebagai hewan yang hampir punah oleh IUCN. Selain kepalanya yang seperti datar kucing ini memiliki corak bulu yang berwarna coklat kemerahan di dahinya dengan warna dominan coklat gelap pada badannya dam memiliki bintik putih di bagian perutnya. Diperkirakan di tahun 2008 hanya tersisa 2.500 ekor dan hanya beberapa ekor yang berada di penangkaran.

3. Kucing Hutan

Selanjutnya, Asian Leopard Cats atau biasa di singkat ALC begitu kucing ini biasa di panggil di luar negeri karena corak bulunya yang menyerupai macan tutul. Kucing ini termasuk dalam genus Prionailurus dan spesies Prionailurus Bengalensis (P.B). Terdapat 3 jenis kucing hutan yang hidup di Indonesia yaitu sub spesies P.B Javanensis penyebarannya di jawa-Bali, P.B Sumatranus di Sumatra, dan P.B Borneoensis di Kalimantan. Selain P. b. iriomotensis yang berstatus terancam oleh IUCN subspecies lain masih tergolong resiko rendah, tetapi tetap saja kucing ini.







BACA SELENGKAPNYA==>

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 6 Jenis Kucing Indonesia Yang Terancam Punah, No. 3 Tak Terduga..."

Posting Komentar

close