Ini 6 Fakta Unik Kucing Siam yang Belum Kamu Tahu, Berat Kucing Siam Sama Seperti Anak Umur 6 Tahun!

Ini 6 Fakta Unik Kucing Siam yang Belum Kamu Tahu, Berat Kucing Siam Sama Seperti Anak Umur 6 Tahun!
Kucing Siam memiliki corak warna yang sangat unik dan khas, yaitu berwarna gelap di daerah wajah, ujung telinga, dan ujung-ujung kakinya. Kenapa bisa seperti itu, ya? Selain berbulu dan bermata indah, Kucing Siam menyimpan banyak keunikan lain yang mungkin belum kamu tahu. Yuk! Kenalan dulu nih dengan kucing ras yang satu ini melalui enam fakta unik berikut ini.

1. Suhu pengaruhi warna bulu


Pernah bertanya-tanya mengapa ujung cakar, telinga dan wajahnya cenderung berwarna gelap dan bagian tubuh lainnya terutama dada dan perut berwarna pucat? Itu karena pengaruh enzim yang sensitif terhadap suhu menghasilkan warna bulu yang lebih gelap pada bagian tubuh yang enggak panas seperti ujung cakar, telinga dan wajah. Pada anak-anak Kucing Siam, warna-warna tersebut baru terlihat setelah mereka berusia beberapa minggu setelah dilahirkan.


2. Pernah jadi kucing tergendut sedunia


The Guinness World Records sudah enggak lagi memasukkan kategori hewan tergemuk sedunia lantaran khawatir para pemilik hewan peliharaan sengaja membuat binatang peliharaannya obesitas. Tapi, pernah ada Kucing Siam bernama Katy yang mendapatkan gelar Kucing Tergemuk Di Dunia pada tahun 2003. Dengan berat sekitar 22 kilogram, berat Katy setara dengan berat anak manusia berusia 6 tahun.

3. Membongkar aksi spionase


Pada tahun 1960, dua anak kucing Siam di Kedutaan Besar Belanda di Moskow, Rusia, tahu bahwa ada sesuatu yang enggak beres. Kedua anak kucing yang sedang nyenyak tertidur di ruangan Duta Henri Helb, tiba-tiba saja terbangun dan mencakar-cakar dinding. Helb menduga bahwa anak-anak kucing gelisah mendengar suara tertentu yang enggak bisa didengar oleh telinga manusia. Benar saja, sebuah penyelidikan kemudian mengungkap 30 mikrofon kecil yang tersembunyi di balik dinding. Ini karena kucing Siam sangat sensitif terhadap suara mencurigakan. Hmm, bisa menjadi penjaga rumah juga, nih!

4. Terkenal dengan mata birunya


Kucing Siam terkenal dengan mata birunya yang khas dan indah. Warna mata tersebut enggak terjadi secara kebetulan. Kucing jenis ini punya gen yang mengekspresikan pola bulu dan membatasi pigmen pada bola mata sehingga menghasilkan warna mata biru pucat yang terkenal ini.

5. Melahirkan 19 anak kucing


Berdasarkan Guinness World Records, Kucing Siam biasanya melahirkan empat hingga enam anak kucing. Tapi pada 7 Agustus 1970, seekor Kucing Siam di Oxfordshire, U.K, melahirkan 19 anak kucing. Sayangnya, empat diantaranya keguguran.

6. Dulu bermata jereng dan berbuntut bengkok


Sebelum Kucing Siam yang kamu lihat sekarang, jenis kucing ini dulunya bermata jereng dan berbuntut bengkok seperti ditekuk. Para penggemar kucing melihat karakter tersebut sebagai sesuatu yang enggak diinginkan dan secara bertahap mengeliminasinya tersebut melalui persilangan selektif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini 6 Fakta Unik Kucing Siam yang Belum Kamu Tahu, Berat Kucing Siam Sama Seperti Anak Umur 6 Tahun!"

Posting Komentar

close