Jangan Biarkan Kucing Kurang Minum Krena Bisa Sebabkan Kematian! 5 Trik Bikin Kucingmu Mau Minum

Jangan Biarkan Kucing Kurang Minum Krena Bisa Sebabkan Kematian! 5 Trik Bikin Kucingmu Mau Minum
Kucingmu ogah minum air? Sebenarnya perilakunya tersebut bisa dibilang perilaku alamiah tapi bagaimana pun kucingmu perlu ‘dipaksa’ minum air. Dibilang alamiah karena kucing aslinya adalah binatang gurun pasir yang mendapatkan air paling banyak dari konsumsi mangsanya, misalnya tikus. Kucing secara insting akan memangsa hewan yang mengandung air sekitar 70% sehingga ia enggak perlu lagi mencukupi kebutuhan air di gurun pasir yang kering kerontang. Perilaku alamiah ini terbawa oleh kucing domestik. Tapi, makanan kemasan kucing enggak mengandung hingga 70% air, makanan kering malah hanya mengandung 10% air saja. Oleh karena itu, kucing kita butuh asupan air di luar makanannya. Kekurangan air atau dehidrasi bisa menyebabkan gangguan saluran kencing pada kucing, bahkan kematian.  Jika kucing kesayangan ogah minum air, kita bisa melakukan beberapa trik untuk memancingnya.

 1. Sediakan aneka jenis air
Jenis air? Iya, sebenarnya ada beberapa tipe air loh, mulai dari air distilasi, air mineral, atau air yang kamu masak sendiri. Kucing punya kesukaan masing-masing terhadap air-air tersebut. Coba deh taruh beberapa jenis air di mangkuk dengan warna dan bentuk yang sama, lalu lihat air mana yang kucing kita sukai. Gantilah air sesering mungkin karena kucing menyukai air yang baru dan segar. Jangan biarkan kucingmu curi-curi minum air mentah dari bak mandi atau ember ya, karena tidak baik untuknya. Jika kucingmu ada gejala gangguan saluran kencing, berikan ia air distilasi.

 2. Kebersihan
Pastikan kita rajin membersihkan mangkuk air dengan air panas bersabun setiap hari. Kamu enggak suka kan minum air dengan gelas kotor? Begitu pula kucing kesayangan. Terlebih kucing binatang yang suka kebersihan dan inderanya lebih sensitif.

 3. Mangkuk yang tepat
Tipe mangkuk memberikan perbedaan. Mangkuk keramik atau besi antikarat lebih disenangi kucing. Sedangkan plastik adalah material cenderung dan mudah menyerap bau  sehingga kucing mungkin enggan meminum air yang berbau. Bagi kita manusia mungkin enggak ada perbedaan bau, tapi bagi kucing yang penciumannya sensitif pemilihan mangkuk bisa sangat berpengaruh.

 4. Penempatan
Kucing juga punya tempat kesukaan di mana ia bisa minum. Cobalah menempatkan beberapa mangkuk air di beberapa bagian rumah dan lihat mangkuk mana yang airnya paling berkurang.

 5. Makanan tambahan
Sembari mencari cara supaya kucing kesayangan mau minum, kita bisa memberikan tambahan makanan yang bisa memancingnya supaya mau minum. Semangkuk air minum bisa diberikan tambahan jus tuna, misalnya.








Baca Juga:
Woww....Inilah Kisah Kucing yang Telah Hilang di Australia dan Tiba-Tiba Ditemukan di Irlandia Utara!

Hati-hati! 5 Barang Ini Ternyata Bisa Membunuh Kucingmu!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Biarkan Kucing Kurang Minum Krena Bisa Sebabkan Kematian! 5 Trik Bikin Kucingmu Mau Minum"

Posting Komentar

close