Catlovers terus merebak: Dari Temanggung sampai Palembang

Catlovers terus merebak: Dari Temanggung sampai Palembang
Penggemar kucing atawa catlovers saat ini semakin banyak saja jumlahnya. Tidak hanya di kota-kota besar, penggemar kucing ras juga sudah menyebar ke kota-kota kecil bahkan sampai ke desa. Di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah misalnya, saat ini penggemar kucing ras Persia dari tahun ke tahun terus meningkat. Sedangkan di Palembang, peserta pameran kucing yang digelar di kota pempek itu dibanjiri pengunjung.
“Penggemar kucing ras Persia terutama untuk jenis medium atau hidung panjang dari tahun ke tahun terus meningkat,” kata Ketua Temanggung Cat Lovers, Subiartini seperti dikutip Antara.
Subiartini di Temanggung, Sabtu (5/11), mengatakan penggemar kucing ras Persia di Temanggung saat ini ada seratusan, yakni tersebar di beberapa kecamatan, antara lain Temanggung, Parakan, Ngadirejo, dan Kranggan. “Kebanyakan kucing Persia yang digemari kelas menengah ke bawah dengan harga sekitar Rp1 juta hingga Rp5 juta,” katanya.
Ia mengatakan Temanggung sudah beberapa kali menyelenggarakan festival kucing untuk memeriahkan Hari Cinta Puspa dan Satwa sekaligus meramaikan Hari Jadi Temanggung, namun tahun ini tidak diselenggarakan. “Tahun ini kami tidak menyelenggarakan festival kucing karena persiapan mepet dan banyak dokter hewan yang masih sibuk dengan tugasnya. Mudah-mudahan tahun depan kami bisa menyelenggarakan festival lagi,” katanya.
Ia menuturkan meskipun Temanggung merupakan kota kecil tetapi penggemar kucing Persia cukup lumayan banyak. “Selain jenis medium, kucing jenis flatnose dengan harga sekitar Rp1,5 juta per ekor juga banyak penggemarnya,” katanya.
Ia mengatakan harga kucing ras Persia yang bersertifikat lebih mahal, jenis peaknose tanpa sertifikat harga sekitar Rp3 juta, tetapi yang bersertifikat harga di atas Rp10 juta.
Ia mengatakan untuk memelihara kucing ras tersebut perlu memperhatikan perawatan dan makanan agar kucing tetap sehat dan bulunya bagus. Selain itu, rajin memeriksakan ke dokter hewan, paling tidak sebulan sekali.
Di Palembang juga marak
Sementara itu seperti dirilis Sriwjaya Post, puluhan ‘cat lovers’ terlihat berada di atrium OPI Mall Jakabaring Palembang Minggu (6/11/2016) untuk mengikuti kontes kucing bertemakan Propaganda Cat Show Palembang.
Humas Indonesia Cat Association (ICA) Palembang yang bertindak sebagai penyelenggara, Kalil Ahmad, mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari agenda ICA Palembang. Adapun peserta yang ikut adalah cat lovers yang berdomisili di Pulau Sumatera.
“Ada sekitar 60 cat lovers yang ikut. Selain di Palembang, ada yang dari Jambi, Bangka, dan beberapa daerah di Sumsel,” kata Kalil.
Ada tiga kategori yang diperlombakan, yakni Kategori I Pedigree (Persia and Exotic), Kategori 2 Pedigreen All Breed (British, Bengal, Sphinx, Mainecoon), dan Houes Cat atau yang lebih dikenal dengan Kuncing Kampung. Adapun untuk juri, ditunjuk dari nasional yang sudah memiliki sertifikat FIFE International Judge.
Secara umum, kucing yang diperlombakan dilihat dari tipe tubuh, penilaian bagian kepala, penilaian warna mata, penilaian keseimbangan, penilaian bulu, dan penilaian kondisi kucing.

Semuanya akan diperhatikan selama si kucing berada dalam ruang lingkup perlombaan. “Tujuan acara ini sih kita ingin bersilaturahmi dengan cat lovers di luar Palembang. Tujuan utamanya, kita ingin menjaga kelestarian ras kucing dan menumbuhkan kepedulian akan hewan tersebut,” kata Kalil.




Baca Juga :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Catlovers terus merebak: Dari Temanggung sampai Palembang"

Posting Komentar

close