6 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah yang Terbukti!

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah yang Terbukti!
Kamu pasti pernah muntah kan, gimana rasanya? Pasti gak enak bukan? Kalau kamu aja gak suka, kucing juga gak suka muntah hehe. Mungkin kita anggap muntah itu jadi hal wajar untuk kucing karena kita anggap kesehatannya sedang menurun sedikit atau kucing muntah makanan yang dia tidak suka. Tapi gimana kalau muntahnya udah gak wajar kayak kucing muntah berbusa putih, kucing muntah cacing dan sebagainya. Hmm, cara mengatasi kucing muntah yang bener gimana ya?
Kalau sekarang kucing kamu sedang mengalami muntah yang cukup berbahaya, kamu jangan langsung panik. Tenanglah dan pertama-tama cari tahu dulu penyebabnya, baru kamu bisa mengobati kucingmu. Untuk membantu pecinta kucing,

Penyebab Kucing Muntah
Kenapa sih kucing muntah? Sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan kucing kita bisa muntah, karena itu berikut ini beberapa hal yang sering jadi penyebab muntahnya kucing.
1. Virus Panleukopenia
Virus tersebut jangan dianggap remeh kawan! Karena virus ini bisa menyebabkan kucing muntah cairan kuning dan mencret 

2. Muntah bulu
Muntah bulu (Hairballs) menjadi hal yang umum yang menyebabkan kucingmu muntah. Biasanya kalau bulu mati pada kucing akan tertelan saat kucing menjilati badan ataupun setelah self grooming  dimana bulu bisa nyangkut di lidah kucing setelah menjilati bulu.
Kalau udah terlanjur dan terus menerus, bulu kucing tersebut akan semakin banyak sehingga ruang untuk makanan yang sebenarnya jadi kurang.
Dan bisa dipastikan gak lama kemudian kucing akan memuntahkan makanannya. 
3. Makanan
Makanan si kucing bisa saja menjadi penyebab kucing muntah. Ada beberapa kasus yang menyebabkan kucing muntah karena makanan, misal dia mengkonsumsi makanan berlebihan sehingga dia kekenyangan.
Akibatnya kucing jadi tidak mau makan, dan bisa memuntahkan makanannya.

4. Kucing hamil
Penyebab kucing muntah yang ke 4 ialah hamil. Manusia pada saat hamil juga biasanya mengalami muntah-muntah kan? Kasusnya hampir sama dimana pada kucing, salah satu ciri-ciri kucing hamil yaitu muntah.
Muntah ini disebabkan karena hormon esterogen yang meningkat membuat cairan asam lambung dalam perut si kucing ikut meningkat. Kemudian jikalau sesudah makan, dia akan mual dan bisa muntah.

5. Keracunan
Bahaya banget ya kalau kucing kita keracunan dan terancam hidupnya. Kalau kita punya kucing yang sering dibebaskan bermain diluar bisa ada kesempatan seperti ini.
Misal saja kucing yang haus tapi kita gak sediakan air minum, terus dia nyari dan ketemu tapi ternyata itu air bekas cucian baju. Kalau diminum, bisa bisa kucing muntah berbusa putih. Bahaya!

6. Parasit
Parasit paling sering menjadi penyebab kucing muntah. Biasanya parasit bisa masuk ke tubuh kucing lewat makanan dan juga lewat bulu saat dia bermain di luar rumah.


Cara Mengatasi Kucing Muntah
Kalau kamu sudah mengetahui penyab kucing bisa muntah, baru kamu bisa mengobati kucing muntah. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati kucing yang muntah.

1. Cara mengatasi kucing muntah yang bersifat normal
Jika kitten maupun kucing dewasa menunjukkan gejala muntah biasa seperti muntah karena sedang hamil, muntah bulu, karena makanan yang tidak cocok kamu masih bisa menangani kucing muntah dengan cara yang mudah.
Cara mengatasi kucing muntah yang normal iala jauhkan kucingmu dari benda asing, rumput, mainan kecil dan sebagainya supaya dia tidak sengaja memakannya. Kamu juga bisa mencoba tidak memberikannya makanan dan minuman dalam waktu minimal 12 jam.
Kalau dia seperti mengeong kehausan mencari minum setelah 12 jam, berdoalah agar penyakit muntahnya sembuh dan segera beri kucingmu air minum. Lalu berikan dia makanan yang rendah lemak dan dalam porsi kecil.
Jikalau kamu melihat dia sudah beraktifitas seperti biasa, kamu bisa kembali merawatnya seperti biasa.


2. Cara mengatasi kucing muntah yang sudah berbahaya
Kucingmu sudah menunjukkan muntah-muntah selama lebih dari 24 jam atau menunjukkan seperti muntah dikarenakan penyakit yang sudah aku sebutin di atas segera minta bantuan dokter hewan atau medis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Muntah yang Terbukti!"

Posting Komentar

close