Inilah 7 Cara Mengobati Kucing Sakit Demam Panas

Inilah 7 Cara Mengobati Kucing Sakit Demam Panas
Cara mengatasi kucing demam panas yang memang suhu badan yang cukup tinggi ini bisa dapat membantu kekebalan tubuhnya agar berfungsi lebih efektif, akan tetapi demam yang cukup tinggi juga memiliki efek yang merugikan bagi si kucing lho!’

CARA MENGOBATI KUCING SAKIT DEMAM

Sebelum membahas cara mengobatinya, kamu bisa membaca Ciri-ciri kucing sakit demam panas. Karena penyebabnya memang bervariasi, contohnya seperti peradangan, infeksi jamur, virus penyakit, kekebalan tubuh yang menurun, hingga alergi pada obat-obatan.

1. Memberikan Air Putih Yang Cukup
Memberi air minum ini untuk mencegah dehidrasi ketika kucing sedang demam. Kamu bisa menyediakan air minum yang banyak, nah hal ini juga merupakan salah satu tips untuk mengatasi kucing terkena demam tanpa memberikan obat.

2. Memberi Suplemen Energi dan Vitamin B
Kamu bisa memberikan si kucing selain obat-obatan lho! Berikan suplemen energi dan vitamin B untuk meningkatkan nafsu makan kucing kamu. Pada umumnya kucing tidak mau makan karena badan kucing yang kurang sehat. Jika dibiarkan saja dan jarang makan, kondisi tubuh kucing akan semakin memburuk dan memburuk. Selain bisa untuk menambah nafsu makan, suplemen energi dan vitamin B juga bisa memberikan nutrisi yang lebih yang memang tidak didapatkan pada makanan kucing biasanya.

3. Mendinginkan Tubuh Kucing
Kenapa mendinginkan tubuh kucing juga bisa mengobati kucing sakit demam? Ya ini juga merupakan salah satu cara alternatif selain menggunakan obat yaitu dengan mendingkan suhu tubuh kucing yang terkena demam. Caranya bagaimana? Gampang kok, tinggal bawa aja si kucing ke tempat yang sejuk, atau bisa juga dengan meletakkan kipas angin ke tubuh kucing.
Kalau masih kurang dingin, kamu bisa memberikan bantalan es pada tubuhnya atau cakar kucing. Nah, ketika kucing kamu tidak berontak atau rewel. Cobalah untuk membasuhkan tubuhnya dengan air, karena penguapan cukup efektif mendingkan suhu badan kucing yang berlebihan.
4. Memilih Obat Anti Demam yang Aman(Khusus Kucing)
Selain menggunakan cara alternatif diatas, kamu juga bisa memberikan obat anti-demam yang baik, salah satu obatnya yaitu tolfenamic acid, kenapa? Karena bisa menangani berbagai permasalahan demam termasuk tumor,infeksi, trauma dan jenis penyakit pada kucing lainnya.
Obat Tolfenamic acid juga bisa diberikan ke kucing yang terkena demam dengan dosis 1tablet untuk 3 sampai 5 hari dan khusus untuk berat badan kucing yang hanya 1,5kg bisa diberikan 1 tablet per hari. Nah kalau kucingnya memiliki berat badan mencapai 4 sampai 5Kg, kamu bisa memberikan 3 tablet dalam seharinya. Ingat berikan secukupnya jangan berlebihan.
5. Obat Meloxicam
Selain menggunakan obat Tolfenamic acid, obat meloxicam juga obat yang cukup efektif untuk meredakan demam kucing loh! Obat ini tidak digunakan untuk kucing saja, tetapi untuk anjing juga bisa kok, berikan 1,5mg/ml setelah makan. Nah, ini yang terpenting, kamu harus memperhatikan dosisnya ya! agar tidak overdosis.
Kamu harus memperhatikan bahwa memberikan meloxicam pada kucing kurang lebih 0,5mg/ml agar tidak over dosis. satu hal lagi bahwa jika kucing kamu kekurangan cairan, kamu tidak boleh memberikan obat ini. Ini bisa berakibat sangat fatal dan memang berdampak gagal ginjal yang disebabkan karena kekurangan cairan sehingga fungsi pada ginjal menjadi lebih lemah serta pasokan dara pada ginjal itu kurang.

6. Tingkatkan Nafsu Makan Kucing
Karena kucing yang sedang sakit itu memang susah untuk makan, kamu harus berusaha untuk meningkatkan nafsu makan kucing agar kucing cepat sembuh dikarenakan asupan makanan banyak yang memang menjadi sumber energi utama pada kucing.

7. Bawa ke Dokter Hewan
Ini adalah cara jitu terakhir jika semua yang dilakukan sudah tidak memiliki harapan lagi. Setidaknya kamu menunggu dalam waktu 24 jam untuk diobati dirumah tanpa ke dokter hewan terlebih dahulu.
Jika dalam 1 hari tidak memberikan efek positif, segeralah bawa ke dokter hewan terdekat di kota kamu, agar bisa ditangani dengan cepat.

Nah, itulah 7 cara mengobati kucing sakit demam panas. Semoga kucing kamu cepat sembuh yaa! Dan jangan lupa bagikan atau share artikel ini ke teman-teman pecinta kucing lainnya, agar mengetahui info penting ini, sekian dan terimakasih.



Baca Juga :


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 7 Cara Mengobati Kucing Sakit Demam Panas"

Posting Komentar

close